Selasa, 02 November 2010

Tugas Softskill

Nama : Sigit Sudrajat
Kelas : 1DB21
NPM : 36110545

1.3 pengertian tentang manajemen....
1.manajemen sebagai suatu proses,melihat bagaimana cara orang untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu,,,pengertian menurut encylopedia,yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi
2.manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
3.Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni,,melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungan dengan prinsip-prinsip dari manajemen.pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari:
Mary Parker Follett::menanyakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

2. manajemen di bagi menjadi 3 golongan yaitu
- Manajemen lini atau manajemen tingkat pertama,yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi,di mana seseorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain,misalnya mandor atau pengawasa produksi dalam suatu pabrik,pengawasan teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
- Manajemen menengah (MIdle Manager) yaitu mancakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi,contohnya Kepala bagian yang membawahi kepala seksi,kepala divisi dan lain sebagainya.
- Mnajemen Puncak,terdiri atas kelompok yang relatif kecil,yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.contohnya,,seorang direktur

3. 3 aliran pemikiran manjemen yaitu;;;
- Keterampilan konseptual ; manajer tingkat atas harus memiliki ketrampilan untuk membuat konsep,ide,dan gagasan demi kemejuan organisasi
- Keterampilan berhubungan dengan orang lain : selain kemempuan konsepsional,manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain,yang disebut juga keterampilan kemenusiaan.
- Keterampilan teknis : keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah.
Selain 3 keterampilan dasar di atas,Ricky w.griffin menambahkan 2 keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer,yaitu :
 Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seseorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
Keterampilan membuat keputusan
merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkan...
Sejarah perkembangan ilmu Manajemen

Daniel wren membagi evolusi pemikiran manajemen dalam empat fase,yaitu pemikiran awal,era manajemen sains,era manusia sosial dan era moderen
Era manajemen ilmiah
Frederick winslow taylor.era ini ditandai dengan berkembang perkembangan ilmu manajemen dari kalangan insinyur-seperti henry towne
Era manusia sosial
era manusia sosial ditandai dengan lahirnya mahzab perilaku.
Mary parker follet(1868-1933) follet mengajukan suatu filosofi bisnis yang mengutamakan integrasi sebagai cara untuk mengurangi konflik tanpa kompromi atau dominasi
Pendekatan kuantitatif
Pendekatan kuantitatif adalah penggunaan sejumlah teknik kuantitatif-seperti statistik,model optimasi,model informasi,atau simulasi komputer-untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan.sebagai comtoh,,program linier digunakan para manajer untuk membantu mengambil kebijakan pengalokasian sumber daya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar